Jumat, 18 Desember 2009

Krarakter dan Jatidiri Bangsa Dewasa in

Krarakter dan Jatidiri Bangsa Dewasa ini
Masalah yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dibidang Wawasan Kebangsaab, terutama akhir-akhir ini sesuai hasil identifikasi Tin Teknis Sosialsasi Wawasan Kebangsaan.
1. Semangat Kebangsaan dan komitmen terhadap pandangan dasar bangsa menurun, karena Pancasila sebagai ideology Negara pernah dan dapat ditafsirkian serta disalah gunakan untuk suatu kepentingan.
2. Pluralitasetnis, kebudayaan dan agama seharusnya merupakan kekuatan bangsa tetapi sebalikya menjadi sumber konflik social yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa.
3. Nilai – nilai agama dan nilai-nilai luhur budaya bangsa kurang dijadikan sumber moral akhlak dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Supremasi hokum, perilaku ekonomi dan politik tidak sesuai yang diharaokan sehingga terjadi pelanggaran HAM dan Krisis Ekonomi
4. Konflik vertical dan fenomena tuntutan pemisahan diri dari NKRI berasal dari kesenjangan ekonomi dan ketidak adilan muncul di beberapa daerah.
5. Kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraa Negara dan secara khusus kepada aparatur pemerintah berkurang karena tekat mewujudkan penyelenggara pemerintah yang amanah (good governance) belum terlaksana sesuai harapan

Tidak ada komentar: