Jumat, 18 Desember 2009

Pengaruh Globalisasi

Pengaruh Globalisasi

Krisis multidimensi yang telah berlangsung 5 tahun, kini emakin berkemban karena dipacu oleh dampak globalisasi sehingga pengaktualisasian moral dan etika kebangsaan harus memperhatikan perkembangan lingkungan strategis baik global dan regional maupun nawsional

Perkembangan lingkungan strategis global mengisyaratkan bahwa persaingan ekonomi telah semakin tajam, isu-isu internasional tentang HAM, demokratis dan lingkungan hidup dihembuskan semakin kuat oleh Negara barat yang dapat mempengaruhi iklim kerja sama multilateral, serta semakin berkembangnya terorisme dan kejahatan internasional, seperti perdagangan narkotika, imigran gelap, penyelundupan senjata api dan uang palsu serta kejahatan intelektual.

Perkembangan lingkungan regional, adanya krisis ekonomi dikawasan asia ditandai dengan bergesernya kegiatan ekonomi dari kawasan Samudra Atlantik kekawasan Samudra Pasifik yang skan membuka peluang bagi bangsa-bangsa Asia Pasifik untuk meningkatkan kemakmuran Negara masing-masing, Disisi lain mendorong diperlukan peningkatan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya konflik ekonomi.

Perkembangan limhkumgan strategis nasional, dalam bidang ideology politik, tuntutan demikratis teah semakin menguat demikian pula semakin berkembangnya tanggapan atas berbagi kebijaksanaan pemerintah akibat dari semakin meningkatnya daya krisis masyarakar. Dalam bidang social budaya antara lain mengisyaratkan bahwa perkembangan reformasi, IPTEK yang begitu cepat membawa konsekueni kepada perubahan tat nilai, tata laku dan gaya hidup masyarakatIndonesia. Kemajuan teknologi mempercepat proses dekulturisasi yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Dalam era transisi dari masyarakat Indonesia ke masyarakatan madani, pola hidup masyarakat indonsia juga mengalami transisi yang mengarah ke sikap yang individualistic dan pola hidup konsumtif, dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi, dan modernisasi apabila tidak diantisipasi dapat melunturkan nilai-nilai agama.

Tidak ada komentar: